Proyek Raport Tenaga Kependidikan sebagai Media untuk Melakukan Inovasi Pendidikan di Indonesia
Pendidikan
merupakan salah satu pilar terpenting dalam meningkatkan kualitas manusia. Akan
tetapi secara umum dunia pendidikan memang belum pernah benar-benar menjadi
wacana yang publik di Indonesia, dalam arti dibicarakan secara luas oleh
berbagai kalangan baik yang bersentuhan langsung maupun tidak langsung dengan
urusan pendidikan.
Upaya-upaya
peningkatan kualitas serta mutu yang membawa nama pendidikan telah dilakukan
oleh pihak pemerintah, walau sampai saat ini belum terlihat hasil yang kongkrit
dari usaha tersebut. Padahal pendidikan memunyai peranan yang penting untuk
kemajuan sebuah Negara, karena melalui pendidikan generasi muda dapat menyerap
perkembangan yang sedang terjadi dan bisa mengembangkan potensi dirinya untuk
membangun peradaban bangsa.
Upaya peningkatan
kualitas pendidikan selalu menemui beberapa masalah, diantaranya yaitu, Negara
belum mampu melaksanakan amanat UUD yaitu 20% APBN untuk pendidikan, sarana dan
prasarana pendidikan yang tidak mendukung, keprofesionalan tenaga pendidik yang
rendah, kesejahterahan tenaga pendidik yang rendah, pendidikan dijadikan
komoditas politik dalam pilkada-pilkada dengan kampanye pendidikan gratis,
belum meratanya pendidikan yang layak bagi seluruh daerah di Indonesia, belum
sesuainya pendidikan dengan karakter daerah-daerah dan karakter Indonesia.
Masalah utama yang
perlu mendapat perhatian lebih dari pemerintah adalah tenaga pendidik yang
merupakan kunci utama menuju pendidikan yang berkualitas. Tenaga pendidik yaitu guru dan dosen
merupakan ujung tombak keberhasilan dari pendidikan. Proses belajar mengajar
yang berkualitas akan muncul dari tenaga pendidik yang berkualitas dan
diharapkan dapat menghasilkan anak didik yang berkualitas pula. Sebab tenaga
pendidik adalah insane yang patut digugu dan ditiru.
Namun, dalam pelaksanaannya. Banyak tenaga
pendidik yang tidak professional tapi mengaku professional. Sehingga mutu pendidikan terganggu.
Tenaga pendidik selalu menganggap profesinya sebagai profesi yang mudah. Tak
diragukan lagi, ini menimbulkan banyak tenaga pendidik yang tidak disiplin dan
jarang mengajar di kelas alias bolos dari jam kerja.
Oleh karena itulah, maka dalam menjalani profesinya. Seorang tenaga
pendidik juga harus diperlakukan seperti seorang peserta didik. Setiap satu
semester, seorang tenaga pendidik akan menerima raport atas kinerjanya satu
semester yang lalu.
Unduh file lengkap pada link berikut. https://drive.google.com/file/d/123xwap0aAKT1fYNu-MZ-AfnvTQ41omGF/view?usp=sharing
haloooo……
BalasHapuskeren miss