Mempersuasif Orang Lain Melalui Podcasts

 


Sebenarnya, proyek podcasts sebagai bagian dari pembelajaran bahasa Indonesia muncul secara mendadak ketika pembelajaran daring berlangsung akibat virus covid-19. Kedekatan siswa dengan internet dan smartphone mendukung pemberian tugas ini sehingga sangat sesuai untuk dilaksanakan. 

Apakah hanya materi teks persuasif yang sesuai dengan tugas ini? Tentu tidak. Materi teks lain juga sesuai untuk proyek ini karena sejatinya podcasts sangat mendukung peningkatan keterampilan berbicara siswa. Hanya saja, ketika guru berniat memberikan tugas ini kepada siswa, dia harus siap pula menjadi sibuk Siswa perlu banyak konsultasi dengan guru terkait podcasts yang dikerjakan. Durasi waktu yang dibutuhkan untuk proyek ini sebaiknya cukup lama agar siswa bisa mengeluarkan potensi secara maksimal.

Pertama, siswa perlu mendapatkan arahan tentang membuat podcasts. Cara termudah agar podcasts siswa bisa terbit di spotify adalah melalui aplikasi yang bernama anchor. Siswa bisa instal aplikasi itu dari playstore. Selanjutnya, siswa bisa mulai merekam suara di ancor. Dengan anchor, siswa bisa langsung memublikasikan suaraya di anchor lalu secara otomatis akan terbit di spotify. Kira-kira 30 menit sampai 24 jam akan muncul di spotify. Di anchor siswa juga bisa secara langsung mengedit suara mereka.

Dari proyek ini, siswa bisa mendapatkan keterampilan berbicara secara kontekstual. Bahkan, siswa bisa melanjutkan dengan terus membuat podcasts karyanya. Siswa pun mengaku bahwa mereka mendapatkan pengalaman sangat berharga setelah mengerjakan podcast ini.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proyek Raport Tenaga Kependidikan sebagai Media untuk Melakukan Inovasi Pendidikan di Indonesia

Bikin Pantun Asyik Pakai Canva

SALINDIA ANEKA TOPIK